WORKSHOP DIVISI GEOTHERMAL KAGEOGAMA “GEOTHERMAL GEOCHEMISTRY TO OPTIMIZE DECISION IN GEOTHERMAL EXPLORATION”

0
46

Pada tanggal 24 November 2018 Divisi Geothermal Keluarga Alumni Geologi Gadjah Mada (Kageogama) bekerjasama dengan Himpunan mahasiswa Teknik Geologi (HMTG) Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar Workshop bertajuk “Geothermal Geochemistry to Optimize Decision in Geothermal Exploration”.

Acara dilaksanakan di Kampus Departemen Teknik Geologi UGM dan diikuti oleh 15 mahasiswa/i dari internal Departemen Teknik Geologi UGM dan 5 perwakilan dari Jurusan Teknik Geologi di Yogyakarta meliputi Universitas Pembangunan Nasional (UPN), Institut Sains & Teknologi (AKPRIND) dan Sekolah Tinggi Teknologi Nasional STTNAS. Acara dimulai pukul 08.00 pagi dan dibuka oleh Ketua HMTG Rifqi Prasanda mewakili Departemen Teknik Geologi UGM dan Rizal Abiyudo sebagai perwakilan Kageogama.

Energi panas bumi merupakan energi panas yang berasal dari perut bumi yang dapat dimanfaatkan secara tidak langsung untuk membangkitkan tenaga listrik maupun tidak langsung untuk keperluan lainnya. Indonesia yang terletak pada sabuk api Pasifik saat ini menjadi penghasil energi panas bumi nomor dua (2) di dunia setelah Amerika Serikat (USA), diperkirakan Indonesia memiliki potensi energi panas bumi terbesar di dunia sekitar 29 GWe, atau 40% dari total cadangan dunia namun hanya baru bisa membangkitkan 2 GWe hingga tahun 2018. Tentunya potensi ini masih perlu dikembangkan lagi untuk memenuhi kebutuhan energi yang bersih, terbarukan dan berkelanjutan dengan dilakukannya kegiatan eksplorasi,

Studi Geosains yang penting dalam kegiatan eksplorasi adalah meliputi studi Geologi, Geokimia dan Geofisika. Divisi Geothermal Kageogama memandang studi Geosains di dunia industri diperkenalkan kepada mahasiswa/i lebih dini kepada Teknik Geologi sehingga mereka sudah jauh lebih mengenal tentang resiko eksplorasi agar kelak bisa beradaptasi dengan cepat ketika bekerja di dunia industri. Program jangka panjang Divisi Geothermal Kageogama nantinya meliputi workshop Geochemistry Exploration di bulan November 2018 dan disusul dengan Geophysical Exploration dan Geological Modeling for Well targeting di tahun 2019.
Dalam workshop “Geothermal Geochemistry to Optimize Decision in Geothermal Exploration” yang sudah diadakan minggu lalu, professional trainer dari perwakilan industri panas bumi dihadirkan untuk memberikan materi penyampaian bahan ajar yang telah disesuaikan dengan kebutuhan industri dan disiapkan oleh Tim Divisi Geothermal Kageogama. Tim Divisi Geothermal Kageogama yang hadir sebagai pemberi materi terdiri dari Basuki Arif Wijaya (Mustika Bumi-Ex Chevron), Djoko Anityo Wibowo (Mustika Bumi-Ex Chevron), Rizal Abiyudo (Hitay Energy Holdings) dan Alfiady (Supreme Energy).

Djoko Anityo Wibowo sebagai Ketua Divisi Geothermal KAgeogama yang telah menggeluti panas bumi sejak tahun 2006 ini menyatakan bahwa kegiatan workshop Divisi Geothermal Kageogama ini adalah tanda cinta dan dedikasi alumni kepada Almamater Departemen Teknik Geologi, Universitas Gadjah Mada. Ke depan diharapkan agar hal ini menjadi percontohan bagi almamater Kageogama yang memiliki potensi ilmu, pengetahuan dan pengalaman untuk dibagikan kepada almamaternya tercinta Departemen Teknik Geologi, Universitas Gadjah Mada. (RA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here