PREPARE YOUR CAREER COURSE

KAGEOGAMA,Yogyakarta: Divisi Keprofesian HMTG FT UGM bersama dengan Divisi Lowongan Kerja dan KPTA Kageogama UGM pada tanggal 20 April 2019 menggelar acara “Prepare Your Career Course”  untuk mahasiswa geologi di Yogyakarta dengan menghadirkan beberapa pembicara dari alumni Teknik Geologi UGM dan profesional yang bergerak pada bidang persiapan kerja.

Sesi pertama diisi oleh Bapak Sumarlan Wibawa,S.T.,M.M. Beliau saat ini menjabat sebagai Direktur Utama NAM Training Center Sriwijaya Air Group Company. Bapak Sumarlan yang merupakan alumnus Teknik Geologi UGM ’87 membawakan materi “Personal Branding and Character Building”. Dalam sesi tersebut Beliau menekankan pentingnya karakter dibanding keahlian yang kita miliki itu sendiri, selain itu juga dijelaskan kompetensi-kompetensi  dasar seperti komunikasi, kepemimpinan dan lain-lain yang akan menunjang karir kita.

Sesi kedua diisi oleh Mas Amin Ahlun Nazar,S.T. Beliau saat ini bekerja di Upstream Business Development, Pertamina. Mas Amin yang merupakan alumnus Teknik Geologi UGM ’08 sekaligus menjabat sebagai Sekjen Kageogama membawakan materi “Future Opportunities for Freshgraduated Geologist”. Beliau menjelaskan tentang  kesempatan-kesempatan pekerjaan bagi seorang geolog di masa depan, selain itu Beliau juga mengupas fenomena revolusi industri 4.0 yang tentunya membuat kita harus lebih kreatif, inovatif, dan adaptif untuk mencari peluang-peluang kerja geologi di masa depan.

Pada sesi ketiga diisi oleh professional traineers dari ECC UGM Career Center dengan materi Interview dan LGD(Leaderless Group Discussion). Pada sesi ini peserta terlebih dahulu diperkenalkan dengan materi mengenai tips and trick melakukan wawancara pada saat melamar pekerjaan, kemudian dari seluruh peserta dibagi menjadi dua kelompok untuk melakukan praktek simulasi wawancara, mulai dari saat memasuki ruangan wawancara hingga perkenalan diri kepada pewawancara yang kemudian dari setiap peserta diberi kritik dan masukan dari apa yang sudah dilakukan. Setelah sesi tersebut peserta  dibagi menjadi menjadi 4 kelompok untuk melakukan simulasi LGD, pada sesi ini setiap kelompok diberikan kasus masalah tertentu yang berkaitan dengan dunia pertambangan, kemudian setiap kelompok berdiskusi untuk memecahkan masalah tersebut. Pada saat melakukan LGD setiap peserta diberi penilaian. Setelah melakukan praktek kemudian diberikan evaluasi,  tips and trick pada saat LGD. Peserta tampak antusias dan bersemangat untuk mengikuti setiap rangkaian acara ini.

Wah acara HMTG ini keren banget, ini yang saya butuhkan saat ini sebagai mahasiswa semester 8  yang sebentar lagi akan lulus, yang sebelumnya masih bingung mau ke mana, mau kerja apa, setelah ikut acara ini kita jadi tahu peluang-peluang kerja kita setelah lulus, tahu bagaimana cara mempersiapkannya, dan yang terpenting kita dapat tips dan trick lolos tes kerja dari pembicara-pembicara yang luar biasa”, ucap Lalu Aliyya Tirangga, Mahasiswa Teknik Geologi UGM ’15.

Semoga setelah mengikuti acara ini para peserta dapat lebih siap menghadapi tes masuk dunia kerja dan mengetahui kiat-kiat untuk lolos seleksi dengan baik.

(Yazid A. setyowiyoto/Divisi Lowongan Kerja dan KPTA Kageogama)

Must Read

Geodolanan 2019

Migas Kageogama Geodolanan 2019 Pondok Rangon- Jakarta & Cipamingkis-Bogor  13 Juli 2019 Pendahuluan Geodolanan merupakan kegiatan Fieldtrip Geologi Minyak dan Gas Bumi yang diikuti oleh profesional muda, hingga akademisi...

Resep Sehat Pak Ton

Resep Sehat Pak Ton Banyak menahan di waktu muda, agar banyak pilihan di waktu tua. Itu salah satu resep sehat Pak Ton, yang disampaikannya padaku...

Warisan Pemikiran Mas Bondan : Setiap Anggota Kageogama, Bisa Menjadi Menteri, Kenapa?

Warisan Pemikiran Mas Bondan : Setiap Anggota Kageogama, Bisa Menjadi Menteri, Kenapa? Oleh : Amin 2008 Inalillahi Wainailaihi Rajiun, mas Bondan berpulang Ia telah memberikan sebuah warisan...