Sharing Session KAGEOGAMA “Kerja Praktik – Tugas Akhir sebagai Strategi Persiapan Karir di Masa Depan”

KAGEOGAMA, Yogyakarta: Divisi Lowongan Pekerjaan dan Kerja Praktik – Tugas Akhir menggelar sharing session mengenai Kerja Praktik dan Tugas Akhir untuk Mahasiswa Teknik Geologi Universitas Gadjah Mada dengan menghadirkan narasumber Bapak Salahuddin Husein Ph. D. selaku Pengurus Departemen Bagian Akademik dan Anton Prasetyo selaku perwakilan KAGEOGAMA Divisi Lowongan Pekerjaan dan Kerja Praktik – Tugas Akhir serta beberapa mahasiswa tingkat akhir yang telah melaksanakan KPTA di dunia Industri.

Sesi Pertama diawali oleh Bapak Salahuddin Husein, Ph. D. mengenai penjelasan Kerja Praktik dan keterkaitannya dengan akademik di Departemen Teknik Geologi UGM. Departemen saat ini telah memfasilitasi saran dari rekan – rekan mahasiswa sehingga program kerja praktik sudah memiliki bobot 1 SKS. “Departemen juga sangat mensupport mahasiswa tingkat akhir agar memiliki pengalaman untuk kerja praktik, karena kesempatan itu sangat langka dan bisa menjadi “pintu” untuk masa depan mahasiswa dalam mempersiapkan masa depan karir mereka” ujar Bapak Salahuddin Husein. Beberapa pesan yang disampaikan oleh Bapak Salahuddin Husein adalah kita harus cerdik dalam mempersiapkan plan di semester – semester akhir apabila mahasiswa berencana untuk melakukan kerja praktik di dunia industri serta berusaha semaksimal mungkin karena menjadi penilaian oleh  pihak Industri.

Sesi selanjutnya diisi oleh perwakilan KAGEOGAMA divisi Lowongan Pekerjaan dan Kerja Praktik – Tugas Akhir yaitu Anton Prasetyo (Alumni Angkatan 2013). “Kageogama sangat mendukung mahasiswa untuk memperoleh kesempatan untuk bekerja di dunia professional sebagai bekal untuk masa depan. Kesempatan kita untuk menambah professional networking, work experience  serta chance untuk menunjukkan nilai performa individu itu sendiri di depan kalangan professional karena bukan tidak mungkin untuk direkrut sebagai karyawan apabila kita bekerja keras dan dinilai baik oleh industri” jelas Anton Prasetyo perwakilan Divisi Lowongan Pekerjaan dan KPTA saat mengisi sharing di Kampus Geologi UGM, Yogyakarta, Jumat (22/3).

 

Setelah sesi dari alumni, dilanjutkan sesi sharing dari mahasiswa angkatan 2015 yang pernah melaksanakan Kerja Pratik di industri migas, tambang, geothermal maupun di aspek lingkungan seperti geoteknik. Mereka berbagi tips mengenai bagaimana tips agar beradaptasi terhadap dunia kerja professional, tema – tema yang menarik untuk diambil, serta bagaimana memaksimalkan kesempatan untuk bisa tampil yang terbaik di mata professional. “Kesempatan KP di perusahaan merupakan kesempatan emas bagi saya, karena dunia professional sangat berbeda dengan lingkungan akademis perkuliahan serta banyak sekali pengalaman baru yang saya dapatkan seperti  bagaimana membuat good networking serta menambah relasi yang menjadi salah satu kunci persiapan karir masa depan” Ujar Ikhsan Akmala, salah satu peserta KPTA mahasiswa angkatan 2015.

Mempersiapkan Masa Depan Generasi Muda KAGEOGAMA Lebih Baik Lagi

Menurut Anton, Divisi Lowongan Pekerjaan dan Kerja Praktik – Tugas Akhir berharap dengan lebih disupportnya kegiatan Kerja Praktik dan Tugas Akhir di Industri baik itu Industri Migas, Tambang, maupun Industri lainnya, mahasiswa dapat memiliki bekal lebih terkait karir professional mereka di dunia industri. Hardskill yang mereka peroleh selama di kampus akan teraplikasi dalam dunia industri, selain itu softskill seperti bagaimana harus berkoordinasi, berkomunikasi serta menambah relasi di dunia professional juga didapatkan oleh Mahasiswa Teknik Geologi UGM.

(Anton Prasetyo/Divisi Lowongan Pekerjan dan Kerja Praktik – Tugas Akhir)

Must Read

NGOBROL SANTUY KAGEOGAMA

Laporan Kegiatan Kageogama NGOBROL SANTUY KAGEOGAMA "Indonesia Role in the Future of Mining Industry : Gold,...

Laporan kegiatan Geothermal Goes to Campus dengan topik HSE di Industri Panasbumi. Pemateri Pak Irawadi Prihaswan ’79

Acara Geothermal Goes to Campus kali ini yang diselenggarakan oleh divisi geothermal Kageogama dilakukan pada tanggal 30 November...

Laporan Kegiatan Geologi Out Of The Box

Divisi Internal Kageogama dan HMTG 16 November 2019 di Departemen Teknik Geologi UGM Lt. 3