Workshop Geothermal Kageogama Imam B. Rahardjo Sharing Soal Geothermal

0
95

Workshop Geothermal Kageogama :
Imam B. Rahardjo Sharing Soal Geothermal

KAGEOGAMA, Yogyakarta: Divisi Geothermal Kageogama kembali menggelar workshop untuk mahasiswa Teknik Goelogi seputar Eksplorasi dan Pengembangan Geothermal dengan menghadirkan narasumber Ir. Imam B. Rahardjo, Dipl. Geoth., MSc, PhD, Manager Geoscience Region 2, Pertamina Geothermal Energy (PGE).

Divisi Geothermal Kageogma (Keluarga Alumni Geologi Gadjah Mada) menggandeng Jurusan Teknik Geologi (TGL) dan Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG), Fakultas Teknik, UGM dalam mengadakan workshop bertema
“The Application of Geophysics to Geothermal Resource Exploration and Development”.

“Program ini bertujuan memotivasi dan melengkapi pengetahuan yang didapat mahasiswa Teknik Geologi UGM di bangku kuliah sekaligus aplikasinya di dunia kerja khususnya di industri panas bumi. Dengan begitu, mereka lebih siap memasuki dunia kerja,” jelas Djoko Anityo Wibowo, ketua Divisi Geothermal Kageogama saat membuka workshop di Yogyakarta, Sabtu (30/3).

Kegiatan itu dihadiri Mahasiswa Teknik Geologi UGM Semester 6 dan 8. Ikut hadir Saptono Budi Samodra, ST, M.Sc dan Indra Arifianto ST, M.Eng dari Laboratorium Geofisika Teknik Geologi UGM. Workshop diawali dengan Safety Induction oleh perwakilan HMTG dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua HMTG selaku panitia acara dan Ketua Divisi Geothermal Kageogama selaku penyelenggara.

K3LL di Industri Geothermal
Pada kesempatan itu, Imam B. Rahardjo memaparkan pengalamannya selama 30 tahun di industri Panas Bumi. Di awal, dia menjelaskan penerapan Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lindung Lingkungan (K3LL) atau HSE (Health, Safety, and Environment) yaitu prosedur dan hal – hal penting apa saja yang harus dilakukan sebelum mengawali pekerjaan khususnya dalam eksplorasi panasbumi.
“K3LL adalah aspek yang harus menjadi perhatian pada saat kalian nanti masuk ke dunia kerja,” tukas Imam. Dalam Praktik K3LL ini, Imam melibatkan 5 peserta Workshop dalam simulasi Praktik K3LL.

Imam mengawali materi workshopnya dengan memaparkan konsep pembentukan sistem panasbumi yang merupakan hasil penelitiannya untuk meraih gelar PhD dari University of Utah. Judul penelitiannya, “Why Are the Only Volcano-Hosted Vapor-Dominated Geothermal Systems in West Java, Indonesia?” Dilanjutkan dengan sharing implementasi metode geofisika dalam tahapan eksplorasi geothermal.

Meng-geotermalkan Mahasiswa
Menurut Djoko, Divisi Geothermal Kageogama berharap workshop seputar Geothermal dapat memotivasi mahasiswa Teknik Geologi UGM yang berminat pada studi geothermal dan ingin berkarir di industri geothermal. Selain itu, pengetahuan seputar geothermal belum cukup sehingga perlu dilengkapi dengan pemahaman tentang teknik dan aplikasi di dunia kerja.
Kageogama, tambah dia, bakal menggelar kembali workshop bertopik Geological Modeling for Well Targeting dan Reservoir Characterization sebagai closing program workshop. Kegiatan ini akan menampilkan pembicara-pembicara yang telah berpengalaman di industri geothermal serta penggunaan perangkat lunak-perangkat lunak yang umum digunakan di Industri geothermal.
(Rizal Abiyudo / Biro Media Divisi Geothermal Kageogama )

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here