Geodolanan 2019

Migas Kageogama

Geodolanan 2019

Pondok Rangon- Jakarta & Cipamingkis-Bogor 

13 Juli 2019

Pendahuluan

Geodolanan merupakan kegiatan Fieldtrip Geologi Minyak dan Gas Bumi yang diikuti oleh profesional muda, hingga akademisi Kampus Geologi UGM.  Fieldtrip sehari ini mempelajari analog singkapan permukaan dari batuan reservoir di salah satu lapangan Migas produksi, dengan dipandu oleh instruktur profesional, Bapak I Wayan Ardana Darma dan Bapak Allaudin Gantyno. 

Konsep acara Fieldtrip Geodolanan dikemas dgn menarik, agar selain keilmuan yang didapatkan, peserta juga bisa nyaman dan tetap bisa menjalin silaturahmi dengan Guyub & Gayeng.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Ketua Kageogama, Bp Anif Punto. Beliau berharap dengan acara ini, keluarga alumni Teknik Geilogi UGM (Kageogama) yang menekuni bidang migas dapat saling berbagi ilmu, pengalaman dan silaturahmi. Doa bersama yang dibacakan oleh mas Suwasno (2008) melepas keberangkatan peserta Geodolanan. 

Stop-site 1 : Sumur JNG-3 

Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke salah satu sumur pengembangan JNG-3 gas milik KSO- Pertamina EP di area Pondok Ranggon, dengan waktu tempuh dari titik kumpul sekitar 15 menit. Di lokasi sumur, peserta diberikan HSSE induction oleh Bapak Jakarsih dan Bapak Muliantara, didampingi Bapak Yusuf. Sumur pengembangan tersebut memiliki zona menarik di interval Upper Cibulakan sampai Formasi Parigi, yang analog singkapannya dipelajari di lokasi berikutnya.

Stop-site 2 : Sungai Cipamingkis area Jonggol

Di lokasi berikutnya yang menempuh waktu satu jam dari sumur, berada di Sungai Cipamingkis daerah Jonggol. Pakdhe Budhe kemudian melakukan pengamatan singkapan stratigrafi di sungai Cipamingkis. Pengamatan dilakukan dengan cara merekam dalam kolom stratigrafi di buku catatan lapangan, sesuai panduan deskripsi yang sudah disediakan instruktur. 

Sepanjang sungai, pakdhe budhe mengamati mendeskripsi, merekam dalam buku lapangan, dan berdiskusi hal hal terkait petrologi, sedimentologi, stratigrafi, hingga fosil. Beberapa fakta lapangan migas mengenai karakteristik reservoir misalnya sedimentologi, porositas, permeabilitas, tipe batuan, flow-unit, dan parameter pengembangan serta produksi lapangan migas menjadi topik yang menarik ditanyakan pakdhe budhe kepada para instruktur.

Hasil deskripsi lapangan dan analog reservoir migas di lapangan JNG yang dikunjungi pada pagi hari, fakta dan data lapangan migas offshore di PHE ONWJ yang berkarakter serupa dengan analog singkapan Sungai Cipamingkis disatukan dalam diskusi bersama di salah satu rumah makan terdekat. Poster korelasi sumur dan seismik, geologi regional, log, kolom stratigrafi dibuka satu persatu. Pakdhe budhe dipandu oleh pakdhe Wahyu Seno (2000) menanyakan informasi lapangan yang disampaikan mas pakdhe Priantoro Kartika Dani (2002), mulai dari interpretasi lingkungan pengendapan, suksesi litologi, atribut seismik yang digunakan dalam pemetaan, dan sistem petroleum yang bekerja pada interval Upper Cibulakan – Main Massif – Parigi ini. 

Sebelum dilakukan penutupan dan pembubaran peserta, dilakukab penyerahan momento untuk instruktur. Momento untuk Bapak I Wayan diserahkan oleh Pakdhe Pudjo Ponco. Pakdhe berpesan apabila kampus ada topik yang pak Wayan menekuni di dalamnya, boleh diundang ke Jogja. Momento kepada Bapak Alluddin Gantyno diserahkan oleh Bapak Salahuddin Husein (Pakdhe Udin). Selain Pakdhe Udin, dosen yang hadir adalah Bapak Indra Novian(Pakdhe Indra). Pakdhe Seno mengapresiasi kehadiran dosen-dosen yang sehari sebelumnya dari Bayat. 

Atas terlaksananya _Geodolanan Migas_ ini, kami sampaikan terima kasih kepada segenap pihak yg membantu/mendukung:

  1. Bapak Alfian Husein, Direktur Eksplorasi & New Venture Pertamina EP
  2. Bapak Ari Samodra, VP Exploration PHE
  3. Bapak Noorzaman Rivai, GM KSO Pertamina-EP PD. Migas Kota Bekasi
  4. Bapak Aris Setiawan, GM EMP
  5. Bapak Anif Punto, Ketua Kageogama
  6. Bapak Sunjaya Eka Saputra, Ketua Divisi Migas Kageogama
  7. Bapak Sena Reksalegora
  8. Wikan Geosurvey
  9. Seluruh peserta 
  10. Seluruh panita

Semoga sukses di acara Geodolanan berikutnya

Previous articleResep Sehat Pak Ton

Must Read

Geodolanan 2019

Migas Kageogama Geodolanan 2019 Pondok Rangon- Jakarta & Cipamingkis-Bogor  13 Juli 2019 Pendahuluan Geodolanan merupakan kegiatan Fieldtrip Geologi Minyak dan Gas Bumi yang diikuti oleh profesional muda, hingga akademisi...

Resep Sehat Pak Ton

Resep Sehat Pak Ton Banyak menahan di waktu muda, agar banyak pilihan di waktu tua. Itu salah satu resep sehat Pak Ton, yang disampaikannya padaku...

Warisan Pemikiran Mas Bondan : Setiap Anggota Kageogama, Bisa Menjadi Menteri, Kenapa?

Warisan Pemikiran Mas Bondan : Setiap Anggota Kageogama, Bisa Menjadi Menteri, Kenapa? Oleh : Amin 2008 Inalillahi Wainailaihi Rajiun, mas Bondan berpulang Ia telah memberikan sebuah warisan...