Buku Bu Gayatri : Merawat Ingatan: Bencana Alam Dan Kearifan Lokal Di Pulau Jawa

Dr. Gayatri Indah Marliyani, S.T., M.Sc. (dosen sekaligus alumni Teknik Geologi UGM) pada awal tahun 2019 bersama dengan Bp. Djati Mardiatno (Geografi UGM) dan Bp. Silverio R. L. Aji Sampurno (Sejarah, Univ. Sanata Dharma) diberi amanah menulis buku tentang sejarah bencana dan kearifan lokal di Jawa oleh Direktorat Sejarah, Dirjen Kebudayaan, Kemedikbud, dengan editor Prof. Sutikno (Geografi UGM).


Buku yang berjudul “Merawat Ingatan: Bencana Alam dan Kearifan Lokal di Pulau Jawa” ini sudah selesai disusun dan diterbitkan. Hardcopy dicetak dan didistribusikan dengan jumlah terbatas, akan tetapi e-book bisa didownload secara gratis. Sasaran buku ini adalah pelajar setingkat SMP-SMA sehingga tulisan dibuat dengan menggunakan bahasa yang sederhana dengan harapan mudah untuk dipahami kalangan umum. Untuk ebook bisa didownload gratis via link berikut: http://pustaka.kebudayaan.kemdikbud.go.id/sejarah/index.php?p=show_detail&id=761.

Menurut Bu Gayatri, Walaupun masih banyak kekurangan dalam buku ini, tapi semoga langkah literasi bencana semacam ini bisa memberi manfaat untuk menuju masyarakat siaga bencana.

Must Read

Salah Satu Kunci Sukses Menurut Mas Basuki Hadimuljono

Oleh : Mohamad Amin Ahlun Nazar Kenapa saya sering bertanya kepada senior kageogama mengenai pertanyaan pertanyaan holistik mengenai pemikiran...

Buku Bu Gayatri : Merawat Ingatan: Bencana Alam Dan Kearifan Lokal Di Pulau Jawa

Dr. Gayatri Indah Marliyani, S.T., M.Sc. (dosen sekaligus alumni Teknik Geologi UGM) pada awal tahun 2019 bersama dengan Bp. Djati Mardiatno (Geografi...

NGOBROL SANTUY KAGEOGAMA

Laporan Kegiatan Kageogama NGOBROL SANTUY KAGEOGAMA "Indonesia Role in the Future of Mining Industry : Gold,...