NGOBROL SANTUY KAGEOGAMA

Laporan Kegiatan Kageogama

NGOBROL SANTUY KAGEOGAMA

“Indonesia Role in the Future of Mining Industry : Gold, Coal, Nickel”

12 November 2019

@Dammara Coffee, Jakarta

Nara Sumber:

  1. Sonny Yudhistira, ST
  2. Boni Ari Fianto, ST
  3. Budhi Kumarawarman, ST

Kegiatan obrolan santuy mengenai industry minerba (mineral dan batubara) dibuat dengan melihat kekhawatiran Kageogama terhadap melemahnya sektor industry eksplorasi minerba yang berdampak juga dengan melemahnya industri pertambangan di Indonesia. 

Kegiatan ini dihadiri oleh kageogama multi angkatan dan berhasil membuat diskusi menarik mengenai opportunity, eksplorasi, investasi, policy dan terakhir utility,

 “Nurlela pergi memetik buah Durian

Durian dipetik, bingung untuk membelahnya”

Datang sang pemuda dengan senyumnya”

Membelah durian dengan palu geologi”

Industri Minerba adalah industri yang vital terhadap ekonomi Indonesia, dan focus terhadap perkembangan industry ini tak pelak dari peran seorang Geologist Eskplorasi untuk maju mengatakan kepada Investor dengan menerapkan azas Materialitas; Transparansi dan Kompeten.

Obroan santuy disambut baik oleh Anggota Kageogama yang hadir dengan entusias dengan harapan, masukan dan kritik terhadap industry minerba; beberapa – berapa contoh hal adalah sebagai berikut:

  1. Teknologi dan Inovasi dalam Eksplorasi
  2. Kepastian Hukum dalam Industri Minerba
  3. Kompetensi Geologist dalam Industri Minerba

Dapat dipahami bahwa peran Geologist sangat vital dalam Industri ini, untuk dapat “makan durian, butuh palu geologi” . Untuk menikmati hasil diperlukan Geologist dan Peralatan yang tepat.

Indonesia mempunyai peran yang sangat penting di dunia dalam supply energi dengan batubara nya dan saat ini menjadi trending dengan Nikel nya. Seiring meningkatnya kebutuhan pasar akan Nikel di dunia, Industri Nikel di Indonesia juga menjadi “bintang” saat ini di tahun 2019, hanya saja di Indonesia masih belum diimbangi dengan Iklim Investasi yang cerah untuk para investor agar dapat membangkitkan gairah Eksplorasi Nikel di Indonesia.

Untuk Obroal Santuy Batubara, dapat disimpulkan bahwa Batubara di Indonesia masih menjadi Primadona dengan kebutuhan Enrgi dari Pembangkit Listrik yang juga meningkat seiring dengan program percepatan Listrik 35 GW oleh Pemerintah Indonesia. Hanya saja kondisi global untuk pemasaran batubara memang selalu dan akan terus fluktuatif tergantung pada kondisi pasar China.

Tidak melulu membahas mengenai batunya, dipertemuan ini juga dibahas mengenai bagaimana nikel laterit indonesia menjadi produser nomor satu dunia dan utilitasnya di masa depan sebagai komponen electric vehicle.

Obrolan kali ini hanya membawa topik Coal dan Nikel dengan terbatas nya waktu dan luasnya cakupan pembahasan. Diharapkan untuk Industri Emas dan Bauksit akan menyusul dalam Obrolan Santuy selanjutnya,. 

#Salam Kageogama

#Geologi Bahagia

A group of people in a room

Description automatically generated
A group of people in a room

Description automatically generated

Boni Ari Fianto, ST

Obrolan tentang Supply and Demand batubara dari sisi Pemerinta Indonesia

A person standing in a room

Description automatically generated

Semangatnya Pak Anif Punto Utomo (Ketua Kageogama) membuka acara Obrolan Santuy

A group of people sitting at a table in a room

Description automatically generated

Mas Budhi Kumarawarman ST, dengan semangat geologi nya dan kebanggan akan Nikel di Indonesia memberikan obrolan menarik tentang potensi Nikel dan manfaat nya.

A person sitting at a table in a room

Description automatically generated

Sonny Yudhistira, ST ngobrol mengenai Batubara di Indonesia dan inovasi yang diperlukan untuk batubara dapat menjadi primadona kembali di Indonesia. Dia juga bercerita bahwa renewable energy is the next big thing untuk Indonesia.

A group of people sitting at a table

Description automatically generated

Must Read

NGOBROL SANTUY KAGEOGAMA

Laporan Kegiatan Kageogama NGOBROL SANTUY KAGEOGAMA "Indonesia Role in the Future of Mining Industry : Gold,...

Laporan kegiatan Geothermal Goes to Campus dengan topik HSE di Industri Panasbumi. Pemateri Pak Irawadi Prihaswan ’79

Acara Geothermal Goes to Campus kali ini yang diselenggarakan oleh divisi geothermal Kageogama dilakukan pada tanggal 30 November...

Laporan Kegiatan Geologi Out Of The Box

Divisi Internal Kageogama dan HMTG 16 November 2019 di Departemen Teknik Geologi UGM Lt. 3