PERERAT KOMUNIKASI, KAGEOGAMA SELENGGARAKAN SARASEHAN

Pada Rabu malam (23/02/2022), pengurus Keluarga Alumni Teknik Geologi Gadjah Mada (KAGEOGAMA) mengajak segenap alumni program studi Teknik Geologi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada untuk hadir bersama pada kegiatan sarasehan. Kegiatan yang digelar secara virtual ini mengagendakan  perkenalan pengurus Kageogama 2021 – 2024, pemaparan program kerja tahun 2022, dan dilanjutkan dengan diskusi serta ramah tamah.

Ketua Umum Kageogama terpilih, Intan Kemala Dewi, pada awal acara menjelaskan susunan struktur organisasi Kageogama periode 2021 – 2024. Dewan penasehat diketuai oleh Anif Punto dengan anggota meliputi Adi Maryono, Singgih Widagdo, Sugeng Sapto Surjono, M. Burhannudinnur hingga Basuki Hadimulyono. Nama terakhir saat ini masih dipercaya memegang tampuk sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat hingga tahun 2024 mendatang.

Sekretaris Jendral (Sekjen) Kageogama dipercayakan kepada Tatzky Reza Setiawan dengan wakil Sekjen Yasinta Dewi Setiawati, dilengkapi oleh tim kesekretariatan yang terdiri atas Adinda Ramadhani Haka Putri dan Fransiska Ayuni Catur Wahyuandari. Posisi Bendahara Umum diamanatkan kepada Sri Mulyani, dengan Eva Mulyaningsih sebagai Wakil Bendahara Umum

Untuk menjalankan roda organisasi, terdapat delapan bidang dan beberapa komisariat (kelompok kegiatan). Bidang Hubungan dan Pemberdayaan Alumni dikomandani oleh Alfiady sebagai ketua Bidang, dan beranggotakan Albert Pakpahan, Elisabeth Irine, Rhyno Senbyla Sesesega, Woro Wulandari, Josephine Karenina, Laila Dzaikra dan Anarita Widyaningrum. Bidang Hubungan dan Pemberdayaan Mahasiswa diketuai oleh Wikan Wiridjati dengan anggota Farma Dyva Ferardi, Jesslyn Jane, Cokro Suratno, Rizki Nanda dan Berli Simorangkir.

Pada bidang Geosains yang diketuai oleh Sarju Winardi, terdapat empat sub bidang, meliputi Sub Bidang Jurnal ForGeo Kageogama (JFK) dengan anggota Eko Bayu Purwasatriya dan Dewi Sintia Reka; Sub Bidang Kageogama Sharing Session (KSS) dengan anggota Enry Sihombing, Tri Rani Puji Astuti, dan Dini Nuari Ardian;, Sub Bidang Kageogama Fun Trip KFT) dengan anggota Rinal Khaidar dan Rikzan; Sub Bidang Kageogama Goes to School  (KGS) dengan anggota Erawati Fitriyani Adjie dan Bagas.

Bidang Humas & Kebijakan Publik digawangi oleh Hafizhan Abidin S. dengan anggota Pungky Nurhayati, Rifqi Prasanda, M. Fauzi Setyadi, Arjuna Lubis dan Kamila Nuril. Bidang Pengembangan & Kerja sama Organisasi diketuai oleh Rizal Abiyudo dengan anggota M. Rizki Maulana, Cecilia Jatu dan Amalina Aulia Baqin. Bidang Sosial dan Beasiswa digawangi oleh Fauziah Anggraeni sebagai ketua, dengan anggota Natalia Isti Herswastidita, Tinggal Sih Pamular, Alin Sulaiman, Milzam dan Ayu.

Terdapat juga bidang Dana Usaha yang dipimpin oleh Sonny Yudhistira, dengan anggota Faturrahman Nurul Huda dan Fikra Meilina Husni, serta Bidang Media Sosial & Publikasi yang diketuai oleh Jayanti Anggraini, dengan Fajar Alam, Maghfira Abida, Magdalena Ari T, Chairil Yudhita dan Suwasno sebagai anggotanya.

Alfiady dari Bidang Hubungan dan Pemberdayaan Alumni memaparkan rencana bidangnya untuk membuat alumni menjadi lebih terdata dan terhubung dengan kampus maupun organisasi terkait kampus yang diharapkan dapat memberikan manfaat lebih luas dalam interkoneksitas alumni dan kampus.

Bidang Hubungan dan Pemberdayaan Mahasiswa yang digawangi Wikan menyampaikan perihal rencana kegiatan meliputi program mentoring (kakak asuh) bagi mahasiswa dan optimalisasi produktifitas mahasiswa dan komunikasi rutin dengan himpunan mahasiswa teknik geologi. Dengan mengaktifkan komunikasi tersebut, diharapkan akan muncul ide-ide kegiatan bersama dan terbuka peluang untuk bekerja sama.

Jayanti dari Bidang Sosial & Publikasi menyampaikan perihal rencana tugas bidang yang utamanya adalah mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Kageogama melalui kanal-kanal media sosial yang ada agar semakin mendekatkan Kageogama dengan alumni dan masyarakat, dan sebaliknya.

Bidang Sosial dan Beasiswa yang diketuai oleh Fauziah Anggraeni menyampaikan program kerja antara lain penggalangan dana sosial untuk bencana alam, pemberian beasiswa rutin untuk mahasiwa Teknik Geologi UGM, bantuan untuk dosen purna tugas maupun mahasiswa yang sedang mengambil Tugas Akhir (bila diperlukan) hingga penawaran kepada alumni untuk menjadi kakak/orang tua asuh bagi mahasiswa kurang mampu. Sejak kepengurusan terbentuk pada awal Desember 2021, Bidang Sosial dan Beasiswa telah melaksanakan kegiatan donasi untuk korban letusan gunung Semeru, donasi covid-19, kunjungan kepada dosen purna tugas (Pak Sukandarrumidi dan Pak Soekardi), bantuan tugas akhir kepada seoarang mahasiwa serta tetap melanjutkan pemberian beasiswa rutin kepada 17 orang mahasiswa Teknik Geologi.

Bidang Geosains yang digawangi oleh Sarju Winardi menyampaikan program kerja meliputi pembuatan platform online (Open Journal System) yang akan menerima, me-review dan mempublikasikan jurnal ilmiah geologi terutama dari para mahasiwa; sesi berbagi dari praktisi (Sharing Session); Kageogama Fun Trip yang merupakan pengadaan perjalanan wisata dengan memasukkan unsur pembelajaran geologi dengan cara yang menyenangkan; serta mengunjungi sekolah dasar hingga menengah untuk mengenalkan geologi kepada para siswa, atau bahkan guru.

Bidang Humas dan Kebijakan Publik yang diketuai oleh Hafizan Abidin menyampaikan program kerjanya sebagai perpanjangan tangan Kageogama dalam menjalin hubungan dan menyampaikan informasi ke pihak eksternal (Kehumasan), serta menyampaikan informasi terkait kebumian yang sedang terjadi kepada masyarakat umum.

Bidang Dana Usaha dan Sponsorship diketuai oleh Sonny Yudhistira memiliki tugas pokok untuk menghimpun dana bagi berlangsungnya kegiatan Kageogama, misal dengan mengadakan dan menjual merchandise Kageogama, mengusahakan sponsorship yang bekerja sama dengan bidang lain serta mengadakan event penjaringan dana seperti kegiatan olahraga dan yang lainnya.  

Bidang Pengembangan & Kerjasama Organisasi yang diketuai oleh Rizal Abiyudo mempunyai program pengadaan Kageogama Podcast, membangun kerjasama dengan Lembaga pemerintah, lembaga profesi maupun lembaga sosial. Bidang ini juga telah menyeleggarakan podcast pertama pada tanggal 11 Februari 2022 dengan tema “Shape Your Own Future Career Pathway Through Studying Abroad” yang liputannya bisa dibaca di sini (BINCANG PENGALAMAN BEASISWA MANCANEGARA).

Selain kedelapan bidang tersebut, terdapat juga Komisariat yang meliputi Komisaria GeoPincukan dengan ketua Sumuyut Sarjono, Kageogama Menulis dengan ketua Hafiz Fatah, GeoEntrepreneurship yang digawangi Yosef Ismail Safari dan GeoFotografi dengan ketua Dian Kurniawan. Menurut Intan Kemala Dewi, Komisariat lain dapat dibentuk lagi sesuai sesuai kebutuhan berdasarkan kesamaan minat, hobi, profesi atau pun lokasi domisili.

Selain itu, dipresentasikan juga kinerja usaha percetakan – Geo Print – yang dijalankan oleh Koperasi Kageogama. Presentasi tersebut disampaikan oleh Sekjen Koperasi, Candra Budhi Prasetyo. Disebutkan bahwa dengan jumlah anggota koperasi sebanyak 124 orang, jumlah modal penyerta mencapai Rp 1.4 M, Geo Print dapat mulai beroperasi pada tanggal 29 Maret 2021. Sampai saat ini, Geo Print telah memiliki pelanggan dari internal Kageogama sendiri, pengusaha retail, penerbit, maupun pelanggan online. Total fixed cost per bulan rata-rata Rp 28 – 30 juta, dengan saldo rekening pada 22 Feb 2022 adalah sebesar Rp 270 juta. Setelah melalui beberapa kali pergantian pegawai, saat ini Geo Print memiliki pegawai sebanyak delapan orang dengan kinerja yang semakin membaik.

Dalam menjalankan usaha percetakan ini, terdapat beberapa kendala yang dihadapi, diantaranya adalah pemesanan dari internal Kageogama yang dirasa belum optimal seperti yang diharapkan, kualitas pekerja yang kurang sesuai sehingga terjadi beberapa kali pergantian personel, tak luput pula dari pengaruh adanya pandemi Covid-19. Kedepannya, Geo Print akan memperkuat online marketing, dan Koperasi terbuka pada kemungkinan pengembangan usaha di bidang lain.

Pemaparan program kerja dari seluruh pengurus Kageogama tersebut mendapat apresiasi oleh para alumni yang hadir. Muncul usulan dari alumni agar Kageogama megadakan sistem keanggotaan dengan iuran bulanan atau tahunan. Selain dapat menjadi salah satu sumber pedanaan, hal ini juga akan meningkatkan rasa kebanggaan kepada para alumni yang memiliki kartu keanggotaan, serta menjadi jalan untuk memperbaharui database alumni.

Juga Alumni mengharapkan agar segera dibuatkan petunjuk pelaksanaan (juklak) untuk setiap kegiatan, terutama yang melibatkan alumni, seperti program beasiswa atau orang tua asuh, agar mempermudah para alumni untuk dapat ikut berkontribusi dalam program tersebut.

Pada kesempatan itu, ketua HMTG (Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi), Alexander Rio Saputra, juga menyampaikan rencana kegiatan yang mengharapkan kontribusi dan partisipasi Kageogama dan alumni, seperti Run for Charity, yang direncanakan untuk diselenggarakan pada September 2022, bersamaan dengan GeoWeek 2022.

Intan Kemala Dewi menyampaikan bahwa acara sarasehan ini direncanakan untuk diadakan minimal setahun setahun sekali, dengan agenda sarasehan berikutnya adalah laporan pelaksanaan program kerja setahun sebelumnya, dan rencana program kerja setahun berikutnya. Sampai jumpa di sarasehan 2023!

Penulis: Fajar A.

Editor : Jayanti A.

Leave a Reply

Your email address will not be published.